PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TEAM (NHT) DENGAN PENDEKATAN ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN

Aprianto, Fathoni Reza (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TEAM (NHT) DENGAN PENDEKATAN ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (120Kb)

    Abstract

    Fathoni Reza Aprianto. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Ilmiah Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan Kerja Sama siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban pada materi Gerak Harmonik Sederhana. (2) Penerapan pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban pada materi Gerak Harmonik Sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban sebanyak 34 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah Kerjasama dan kemampuan kognitif siswa. Pemilihan objek dalam penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban memiliki Kerjasama dan kemampuan kognitif yang rendah. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, angket dan kajian dokumen. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik atau metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif mengacu pada model analisis Miles dan Huberman yang didukung data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran Fisika materi pokok Getaran Harmonik Sederhana dapat meningkatkan Kerjasama siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan ketercapaian hasil observasi dan hasil angket dari Siklus I ke Siklus II. Ketujuh indikator Kerjasama telah mencapai target ketercapaian pada Siklus II yaitu pada indikator ketergantungan positif didapatkan kenaikan sebesar 80%. (2) Penerapan pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran Fisika materi pokok Gerak Harmonik Sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan kemampuan kognitif yang mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II.. Kata kunci: Gerak Harmonik Sederhana, Numbered Head Together, Kerja sama

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:14
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44214

    Actions (login required)

    View Item