Konflik Batin Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra Siswa SMA.

S, Dimas Ridho Wahyu (2019) Konflik Batin Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra Siswa SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (35Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) karakter tokoh utama dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye , (2) konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye , (3) nilai pendidikan karakter dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye, (4) relevansi dengan nilai pendidikan karakter dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random samping dengan instrumen dosen Bimbingan Konseling, guru bahasa Indonesia, dan siswa SMA kelas XI. Peneliti menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Digunakan teknik triangulasi sumber data sebagai uji validitas data. Hasil analisis temuan dan pembahasan dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, terdapat beberapa macam karakter dari Tania sebagai tokoh utama dalam novel ini, seperti realistis, mandiri, dan bertanggung jawab. Kedua, konflik batin yang dialami oleh Tania berpusat pada rasa cintanya kepada Danar dan kejadian masa lalunya. Ketiga, terdapat 9 nilai pendidikan karakter yang dapat ditemui dalam novel ini seperti jujur, cinta Tuham, tanggung jawab, dan mandiri, terutama dalam kehidupan tokoh utamanya yaitu Tania. Keempat, berdasakan pendapat guru bahasa Indonesia dan siswa novel ini sangat relevan digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA, karena sesuai dengan kebutuhan peserta didik terutama nilai-nilai yang dapat diterapkan siswa SMA. Kata kunci: konflik batin, nilai pendidikan karakter, pembelajaran apresiasi sastra

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:09
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44212

    Actions (login required)

    View Item