Novel "Mantra Pejinak Ular" karya Kuntowijoyo sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Kajian Konflik Batin dan Nilai Pendidikan Moral

Nurrochmat, Dimas (2019) Novel "Mantra Pejinak Ular" karya Kuntowijoyo sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Kajian Konflik Batin dan Nilai Pendidikan Moral. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (177Kb)

    Abstract

    Dimas Nurrochmat. K1215016. NOVEL MANTRA PEJINAK ULAR KARYA KUNTOWIJOYO SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA: KAJIAN KONFLIK BATIN DAN NILAI PENDIDIKAN MORAL. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sebelas Maret, Juli 2019 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) konflik batin yang dialami tokoh-tokoh dalam novel Mantra Pejinak Ular karya Kuntowijoyo; (2) nilai pendidikan moral dalam novel Mantra Pejinak Ular karya Kuntowijoyo; (3) alternatifnya dalam novel Mantra Pejinak Ular karya Kuntowijoyo sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode telaah isi dengan pendekatan psikologi sastra untuk mendeskripsikan aspek kejiwaan yang dialami tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel. Sumber data penelitian ini adalah dokumen novel Mantra Pejinak Ular karya Kuntowijoyo dengan menggunakan data kutipan, kata-kata. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi teori dan sumber data sebagai uji validitas data. Teknik analisis data peneliti menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan pertama, konflik batin yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam novel Mantra Pejinak Ular dengan lebih dominan muncul dalam diri tokoh utama yaitu Abu Kasan Sapari. Kedua, nilai-nilai pendidikan moral yang tercermin dalam novel antara hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup lingkungan sosial. Ketiga, novel Mantra Pejinak Ular karya Kuntowijoyo ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA khususnya kelas XII dengan menggunakan metode jigsaw, karena memenuhi Kompetensi Dasar yang digunakan. Kata kunci: konflik batin, nilai pendidikan moral, bahan ajar sastra.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 13:51
    Last Modified: 31 Aug 2019 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44211

    Actions (login required)

    View Item