Perancangan Instalasi dan Iluminasi pada Gedung Diklat PT Jasa Raharja untuk Meningkatkan Kualitas Penerangan dan Efisiensi Energi

Febrianto, Tony (2019) Perancangan Instalasi dan Iluminasi pada Gedung Diklat PT Jasa Raharja untuk Meningkatkan Kualitas Penerangan dan Efisiensi Energi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1975Kb)

    Abstract

    Membangun sebuah gedung diperlukan suplai daya listrik untuk mendukung peralatan-peralatan di dalam gedung tersebut. Daya pada bangunan gedung PT Jasa Raharja mencapai 564,363 kVA dengan menggunakan transformator dan generator set 400 kVA dengan back up 70%. Oleh karena itu, diperlukan pendistribusian yang sesuai ketentuan dimulai dari Gardu Tegangan Menengah PLN, Panel Tegangan Menengah Sisi Konsumen, Transformator Distribusi Step Down, Generator Set, Panel Utama Tegangan Rendah dan Panel Sub Distribusi. Penelitian ini dilakukan untuk memaksimalkan pemanfataan energi yang menganalisis khusus untuk kualitas sistem pencahayaan dengan studi kasus perencanaan gedung Diklat PT Jasa Raharja pada kamar tidur dan toilet kamar tidur yang memiliki penggunaan daya terbesar pada bangunan dengan metode perhitungan numeris dengan standar acuan studi Standar Nasional Indonesia (SNI), simulasi perencanaan PT Yodya Karya selaku konsultan kontruksi menggunakan software DIALux, dan simulasi rekomendasi menggunakan software DIALux. Berdasarkan hasil penelitian, nilai iluminasi rata-rata kamar tidur perencanaan dengan perhitungan numeris 86,66667 lux, dan simulasi 98,8 lux dengan nilai baku mutu SNI 185 lux. Nilai iluminasi rata-rata kamar tidur rekomendasi dengan perhitungan numeris 184,1666667 lux, dan simulasi 316 lux dengan nilai baku SNI 185 lux. Nilai iluminasi rata-rata toilet kamar tidur perencanaan dengan perhitungan numeris 67,6 lux, dan simulasi 55,5 lux dengan nilai baku mutu SNI 250 lux. Nilai iluminasi rata-rata toilet kamar tidur rekomendasi dengan perhitungan numeris 171,6 lux, dan simulasi 123 lux dengan nilai baku SNI 250 lux.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Elektro
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 13:46
    Last Modified: 31 Aug 2019 13:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44209

    Actions (login required)

    View Item