Analisis Penetapan Standar Waktu Pelayanan TRT (Truck Round Time) di PT Terminal Petikemas Surabaya

AHLAKUL KARIMA, NILNA (2019) Analisis Penetapan Standar Waktu Pelayanan TRT (Truck Round Time) di PT Terminal Petikemas Surabaya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2737Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PENETAPAN STANDAR WAKTU PELAYANAN TRT (TRUCK ROUND TIME) DI PT TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA NILNA AHLAKUL KARIMA F3116037 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja TRT tahun 2016 sampai 2018, mengidentifikasi penyebab serta dampak dari TRT yang melebihi standar waktu penetapan. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed methods (kualitatif dan kuantitatif). Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif yang disajikan dalam angka dan kalimat yang mendukung pendapat penulis dalam menganalisis penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi maupun studi pustaka dan sumber data sekunder yang diperoleh dari data perusahaan berupa data troughtput, TRT tahun 2016 sampai 2018, buku cetak, jurnal dan internet. Hasil penelitian ini adalah kinerja TRT di PT Terminal Petikemas Surabaya baik karena pada tahun 2016 sampai 2018 jumlah truk dominan di TRT kurang dari 30 menit, meskipun dapat diindikasi adanya penurunan kinerja. Penurunan kinerja ini ditunjukan dengan adanya peningkatan jumlah truk pada tahun 2016 sampai 2018 di TRT lebih dari 30 menit. Penyebab dari TRT yang melebihi standar waktu penetapan yaitu faktor kepadatan di lapangan penumpukan, faktor alat (pelayanan dan ketersediaan), faktor sumber daya manusia serta faktor alam. Dampak negatif dari TRT yang melebihi standar waktu penetapan yaitu terganggunya aktivitas bongkar muat, kerugian internal perusahaan dan loyalitas pelanggan menurun. Saran yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan TRT (Truck Round Time) yaitu diperlukan koordinasi yang baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), improvisasi baik dari SDM, sistem dan peralatan serta yard planner melakukan berbagai inovasi plan dengan memperpendek slot supaya pergerakan RTG tidak terlalu panjang perpindahannya. Kata kunci : TRT, Standar waktu pelayanan dan Terminal petikemas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 12:44
    Last Modified: 31 Aug 2019 12:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44196

    Actions (login required)

    View Item