PENEGAKAN HUKUM UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM PERJUDIAN ONLINE SEBAGAI KEJAHATAN DUNIA MAYA DI KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH

Khoirrudin, Rifqi (2019) PENEGAKAN HUKUM UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM PERJUDIAN ONLINE SEBAGAI KEJAHATAN DUNIA MAYA DI KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Rifqi Khoirrudin. 2019. E0015351. PENEGAKAN HUKUM UNDANG- UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM PERJUDIAN ONLINE SEBAGAI KEJAHATAN DUNIA MAYA DI KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH. Penelitian Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mengetahui mengenai upaya penegakan hukum terhadap penyalahgunan aplikasi bermuatan perjudian online sebagai kejahatan dunia maya di Provinsi Jawa Tengah oleh Kepolisian. Kedua, mengetahui kedala-kendala yang dihadapi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah dalam penegakan hukum terhadap peyalagunaan aplikasi bermuatan perjudian online sebagai kejahatan dunia maya. Penelitian ini menggunakan metode penelitan hukum empiris (social legal research). Penelitian ini bersifat deskriptif. Dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan bahan hukum yang dilakukan oleh peneliti didalam penulisan hukum ini berupa studi lapangan dan kepustakaan. Teknik analisa bahan hukum dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada umumnya mengenai penyalahgunaan aplikasi bermuatan perjudian online sebagai kejahatan dunia maya adalah kaum yang merasa memiliki penghasilan serba kurang, sehigga hal ini menimbulkan banyak masalah, baik itu terhadap dirinya sendiri, keluarga, maupun lingkungan. Untuk mengatasi tindak lanjut ini, melalui dua usaha adalah preventif (pencegahan), represif (penyidikan, penangkapan dan pemberantasan). Dalam rangka penegakan hukum terhadap penyalahgunaan aplikasi bermuatanperjudian online sebagai kejahatan dunia maya di Provinsi Jawa Tengah oleh Kepolsian dirasa masih belum optimal, karena masih banyak sekali kendala-kendala yang ada. Kendala tersebut adalah Alokasi Ip addres public website pemain judi berada diluar negeri, pandangan hukum yang berbeda disetiap negara, reknig bank yang selalu berganti-ganti, Data aplikasi pembukaan rekening bank yang digunakan untuk menerima transaksi perjudian online tersebut fiktif, barang bukti mudah dirubah dan hilang, Kurangnya jumlah personil dalam melakukan penanganan tindak pidana perjudian online atau kejahatan dunia maya, unit yang mengatasi masalah kejahatan dunia maya hanya sampai tingkat polda saja, kurangnya angaran dari negara, tingginya tingkat kemampuan manusia terhadap teknologi informasi, serta kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat. Kata Kunci: Penegakan Hukum, Penyalahgnaan Aplikasi, Perjudian Online.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 12:30
    Last Modified: 31 Aug 2019 12:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44194

    Actions (login required)

    View Item