PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN MELALUI OUTDOOR LEARNING PADA ANAK KELOMPOK A TK WIDYA PUTRA TAHUN AJARAN 2018/2019

Sumawardani, Asa (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN MELALUI OUTDOOR LEARNING PADA ANAK KELOMPOK A TK WIDYA PUTRA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2638Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Asa Sumawardani. K8115010. 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN MELALUI OUTDOOR LEARNING PADA ANAK KELOMPOK A TK WIDYA PUTRA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta, Mei 2019. Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan melalui outdoor learning pada anak kelompok A TK Widya Putra tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Widya Putra tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif statistik deskriptif dan analisis data kualitatif model analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa penerapan outdoor learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak kelompok A TK Widya Putra tahun ajaran 2018/2019. Penerapan outdoor learning dalam pembelajaran dilaksanakan di luar kelas dan diluar sekolah. Outdoor learning dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran yang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar anak. Peningkatan terjadi dari pratindakan sebesar 41,7% atau 5 anak, siklus I sebesar 58,3% atau 7 anak, dan siklus II sebesar 83,3% atau 10 anak. Kata kunci: Konsep bilangan, outdoor learning, anak usia dini ABSTRACT Asa Sumawardani. K8115010. IMPROVING CONCEPT OF NUMBERS ABILITY THROUGH OUTDOOR LEARNING IN GROUP A CHILDREN WIDYA PUTRA KINDERGARTEN CLASS OF 2018/2019. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Mei 2019. The purpose of this study to improved concept of numbers ability through outdoor learning in group A children Widya Putra Kindergarten class of 2018/2019. This type of research was classroom action research with quantitative and qualitative approach. This study was conducted for two cycles, each cycles consist of four meetings. The subject of the study were group A children Widya Putra Kindergarten class of 2018/2019. Data collection technique conducted through observations, interviews, test, and documentation. The data analysis technique used was quantitative of descrpitive statistical analysis and qualitative analysis of interactive models. This study showed that practice of outdoor learning can improve the concept of numbers in group A children Widya Putra Kindergarten class of 2018/2019. Practice of outdoor learning in learning can be executed in setting of outside class and outside school. Outdoor learning is used as learning methods in the various activities in fun and improve interest of learning in children. Increased from pre-research by 41,7% or 2 children, the first cycle was 58,3% or 7 children, and the second cycle was 83,3% or 10 children. Keywords: The concept of numbers, outdoor learning, early childhood

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 20:39
    Last Modified: 30 Aug 2019 20:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44179

    Actions (login required)

    View Item