Pengaruh Persepsi Siswa tentang Strategi Pembelajaran dan Kelompok Teman Sebaya terhadap High Order Thinking Skills Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana

Husodo, Kulahin Turas (2019) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Strategi Pembelajaran dan Kelompok Teman Sebaya terhadap High Order Thinking Skills Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (184Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran terhadap high order thinking skills siswa, 2) kelompok teman sebaya terhadap high order thinking skills siswa, dan 3) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran dan kelompok teman sebaya secara bersama-sama terhadap high order thinking skills siswa pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana. Populasi penelitian kuantitatif dengan metode korelasional ini adalah seluruh siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 71 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 65 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan 1) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran terhadap high order thinking skills siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung>ttabel sebesar 3,680> 1,999 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 (< 0,05), 2) kelompok teman sebaya terhadap high order thinking skills (hots) siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,476> 1,999 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 (<0,05), dan 3) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran dan kelompok teman sebaya terhadap high order thinking skills (hots) siswa. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 22,850> 3,145 pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Persepsi Siswa tentang Strategi Pembelajaran, Kelompok Teman Sebaya, High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 20:36
    Last Modified: 30 Aug 2019 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44178

    Actions (login required)

    View Item