Tingkat Keterbacaan (Readability) Materi Tentang Energi Terbarukan dari Sumber Panas Bumi pada Buku Teks Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia (Studi Kasus di Kota Surakarta)

Yuniar, Windah (2019) Tingkat Keterbacaan (Readability) Materi Tentang Energi Terbarukan dari Sumber Panas Bumi pada Buku Teks Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia (Studi Kasus di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Windah Yuniar. TINGKAT KETERBACAAN (READABILITY) MATERI TENTANG ENERGI TERBARUKAN DARI SUMBER PANAS BUMI PADA BUKU TEKS PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)DI INDONESIA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran : (1) tingkat keterbacaan materi tentang energi terbarukan dari sumber panas bumi dalam buku teks pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan Gunning Fog Index; (2) tingkat keterbacaan materi tentang energi terbarukan dari sumber panas bumi dalam buku teks pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan respon pembaca. Penelitian ini dilakukan di 19 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah : (1) buku teks; (2) hasil kuesioner. Tingkat keterbacaan diukur menggunakan Gunning fog index dan respon pembaca. Hasil dari penelitian didapat : (1) Tingkat keterbacaan buku teks pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) materi tentang energi terbarukan dari sumber panas bumi dengan perhitungan menggunakan Gunning Fog Index dinyatakan rendah dengan skor 20 untuk teks 1, skor 18 untuk teks 2, dan skor 21 untuk teks 3; (2) Respon pembaca dari bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa menunjukkan bahwa pembaca dapat memahami isi teks dengan mudah, yang dinyatakan oleh lebih dari 50 % responden untuk teks 2 dan teks 3. Sedangkan untuk teks 1 lebih dari 50 % pembaca menyatakan mudah memahami teks dengan beberapa kesulitan. Kata kunci: Keterbacaan, Buku teks, Energi Panas Bumi, Energi terbarukan, Sekolah Menengah Kejuruan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 17:42
    Last Modified: 30 Aug 2019 17:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44175

    Actions (login required)

    View Item