STUDI PERBEDAAN ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (SQ4R) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT MEMBACA (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)

Utami, Devi Putri (2019) STUDI PERBEDAAN ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (SQ4R) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT MEMBACA (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    Devi Putri Utami. STUDI PERBEDAAN ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (SQ4R) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT MEMBACA (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019). Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta, Juli 2019. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite And Review (SQ4R) dan peserta didik yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori; 2) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang memiliki minat membaca tinggi dan peserta didik yang memiliki minat membaca rendah; 3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan nontes dalam bentuk soal angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Variansi Dua Jalan dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite And Review (SQ4R) dan peserta didik yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan nilai FA = 6,108 > F0,05;1:48 = 4,04; 2) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang memiliki minat membaca tinggi dan peserta didik yang memiliki minat membaca rendah dengan nilai FB = 18,192 > F0,05;1:48 = 4,04; 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan nilai FAB = -0,6493 < F0,05;1:48 = 4,04. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite And Review (SQ4R), Strategi Pembelajaran Ekspositori, Kemampuan Membaca Pemahaman, Minat Membaca.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 15:07
    Last Modified: 30 Aug 2019 15:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44161

    Actions (login required)

    View Item