EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA TUNARUNGU DI SDLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Devita, Tsara (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA TUNARUNGU DI SDLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    Tsara Devita. K5115062. Efektivitas Penggunaan Metode Maternal Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Siswa Tunarungu di SDLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2019. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode maternal reflektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal siswa tunarungu di SDLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah 10 orang siswa tunarungu yang terdiri dari kelas I dan II SDLB B. Penelitian menggunakan metode pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes kinerja dan dokumentasi. Data hasil tes tersebut kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test menggunakan SPSS 22. Hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pada hasil tes kinerja setelah diberikannya intervensi melalui MMR. Berdasarkan output SPSS, pada nilai pretest dan posttest diperoleh Zhitung berjumlah -2,807, dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 sehingga dapat dinyatakan jika “Ha diterima”. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Maternal Reflektif secara efektif meningkatkan kemampuan komunikasi verbal pada siswa tunarungu di SDLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Anak Tunarungu, Komunikasi Verbal, Metode Maternal Reflektif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 15:04
    Last Modified: 30 Aug 2019 15:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44160

    Actions (login required)

    View Item