ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HAYATI, SITI NUR (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kompetensi yang sebaiknya dimiliki siswa selama proses pembelajaran matematika di kelas. Kemampuan tersebut terbagi menjadi dua yaitu kemampuan komunikasi matematika lisan dan kemampuan komunikasi matematika tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk men- deskripsikan kemampuan komunikasi matematika tertulis materi limit fungsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 dengan gaya kognitif field dependent dan field independent. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 7 dan XI MIPA 8. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif sehingga data dianalisis untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggu-nakan metode tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi waktu. sedangkan triangulasi data menggunakan teknik triangulasi waktu. Dalam penelitian ini, indikator kemampuan komunikasi matematika tertulis terbagi menjadi 4 indikator. Hasil penelitian yang diperoleh adalah siswa dengan gaya kognitif field dependent memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematika tertulis tingkat 1 atau 2 pada setiap indikator sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematika yang lebih variatif. Dari 3 subjek dengan gaya kognitif field dependent yang diambil, pada indikator 1 terdapat 1 subjek dengan tingkat I dan 2 subjek dengan tingkat II. Pada indikator 2, 1 subjek dengan tingkat I dan 2 subjek dengan tingkat II. Pada indikator 3, ketiga subjek dengan tingkat I. Lalu, pada indikator 4, 2 subjek dengan tingkat I dan 1 subjek dengan tingkat II. Selain itu, dari 4 subjek dengan gaya kognitif field independent yang diambil, pada indikator 1, 1 subjek dengan tingkat I, 1 subjek dengan tingkat II, 1 subjek dengan tingkat III, dan 1 subjek dengan tingkat IV. Pada indikator 2, 1 subjek dengan tingkat I, 2 subjek dengan tingkat II, dan 1 subjek pada tingkat IV. Pada indikator 3, 3 subjek dengan tingkat I dan 1 subjek dengan tingkat III. Lalu, pada indikator 4, 2 subjek dengan tingkat II dan 2 subjek dengan tingkat III.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 14:51
    Last Modified: 30 Aug 2019 14:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44157

    Actions (login required)

    View Item