AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM KERJA UNIT KEGIATAN MAHASISWA BADAN KOORDINASI KESENIAN TRADISIONAL UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Aktivitas Komunikasi Pemasaran Program Kerja Pentas Keluar Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Koordinasi Kesenian Tradisional Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Anggota Organisasi)

ISKANDAR, AFFANDY YUSUF (2019) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM KERJA UNIT KEGIATAN MAHASISWA BADAN KOORDINASI KESENIAN TRADISIONAL UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Aktivitas Komunikasi Pemasaran Program Kerja Pentas Keluar Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Koordinasi Kesenian Tradisional Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Anggota Organisasi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (272Kb)

    Abstract

    kripsi ini dilatar belakangi oleh pengetahuan peneliti tentang adanya suatu organisasi kesenian yang “menjual” jasa pementasan kesenian, dan bentuk pemasukannya bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kepentingan organisasi. Peneliti ingin mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran pementasan di organisasi tersebut, sehingga mereka bisa memperoleh klien. Maka dari itu, peneliti dapat merumuskan masalah yaitu bagaimana bentuk komunikasi pemasaran program kerja pentas keluar UKM BKKT UNS. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan yaitu pada bulan November 2018 sampai Februari 2019. Peneliti menggunakan metode studi deskriptif kualitatif, dengan observasi awal mengenai aktivitas komunikasi pemasarannya, yang dilanjutkan dengan wawancara terstruktur kepada pembina organisasi, pengurus organisasi periode 2018, dan klien pentas keluar. Landasan teori yang peneliti gunakan yaitu teori komunikasi pemasaran beserta bentuk – bentuknya, yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu walaupun UKM BKKT UNS menerapkan beberapa bentuk komunikasi pemasaran, namun mereka belum bisa dikatakan menggunakan konsep komunikasi pemasaran seperti yang ada pada teori, karena bentuk komunikasi pemasaran yang mereka terapkan bersifat pasif. Adapun bentuk komunikasi pemasaran yang mereka terapkan yaitu Public Relations, Direct Marketing, New Media, Personal Selling, dan Word-of-Mouth Marketing. Kata kunci: komunikasi pemasaran, aktivitas komunikasi pemasaran, bauran promosi, Kotler dan Keller

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Rouf Hidayat Abdul
    Date Deposited: 30 Aug 2019 10:46
    Last Modified: 30 Aug 2019 10:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44150

    Actions (login required)

    View Item