MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PEMIKIRAN SYAFI’I MA’ARIF TENTANG KEINDONESIAAN UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI DI SMAMUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

Muharror, Muhammad (2019) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PEMIKIRAN SYAFI’I MA’ARIF TENTANG KEINDONESIAAN UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI DI SMAMUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (200Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Muharror. S861508019. 2018. Model pembelajaran Sejarah Berbasis Pemikiran Syafi’i Ma’arif Tentang Keindonesiaan Untuk Meningkatkan Toleransi Di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Tesis. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd., (II) Dr. Sudiyanto, M.Pd. Program Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) menganalisis bagaimana kondisi bahan ajar sejarah yang dipakai oleh SMA Muhammadiyah 10 surabaya; (2) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar sejarah tentang keindonesiaan berbasis pemikiran Syafi’i Ma’arif; dan (3) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar sejarah keindonesiaan berbasis pemikiran Syafi’i Ma’arif dalam meningkatkan toleransi siswa. Metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dari Borg and Gall dengan model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian. Langkah-langkah yang meliputi 1) analisis, 2) desain produk, 3) pengembangan produk, 4) implementasi dan 5) evaluasi. Model uji kelayakan dalam penelitiian ini mengunakan model skala Likert 1 sampai 5, dan pengujian efektivitas mengunakan independent sample T test dengan mengunakan SPSS. Pengumpulan data dilakuakan dengan teknik wawancara dan mengunakan angket. Hasil yang diperoleh: (1) bahan ajar mengacu pada sekolah, terfokus pada satu buku teks tanpa ada pendamping maupun pengembangan bahan ajar, fasilitas sekolah terkait bahan ajar sejarah masih minim, kurang memberikan materi tentang pendidikan toleransi, dan guru terlalu mengejar waktu untuk menyelesaikan materi, sehingga perlu adanya bahan ajar dengan penekanan pada toleransi; (2) bahan ajar sejarah keindonesiaan yang disusun berdasarkan enam komponen yang ditentukan, Silabus dan RPP; nilai skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”; uji coba satu-satu dengan kategori “sangat baik”, revisi yang hanya sebatas format penulisan; hasil uji coba luas menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelompok kontrol baik dari prestasi maupun sikap toleransi; dan (3) penerapan bahan ajar sejarah Indonesia berbasis pemikiran Syafi’i Ma’arif guna meningkatkan toleransi siswa terbukti efektif. Pada perhitungan statistik didapatkan hasil rerata pos test kelas experimen sebesar 73,03 sedangkan kelas kontrol sebesar 67,90, dan diketahui bahwa dimana thit 3,76 > ttab 2,00 dengan taraf signifikan 0,05 untuk sikap toleransi. Demikian H0 ditolak maka ada perbedaan yang positif dan signifikan. Kata Kunci: Pemikiran Syafi’i Ma’arif tentang keindonesiaan, Toleransi, Pembelajaran Sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
    D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 22:07
    Last Modified: 29 Aug 2019 22:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44148

    Actions (login required)

    View Item