Kearifan Lokal dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lawas Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (Relevansi dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas)

Mawarni, Heni (2019) Kearifan Lokal dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lawas Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (Relevansi dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Heni Mawarni. S841708008. Kearifan Lokal dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lawas Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (Relevansi dengan Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas). Komisi pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Pembimbing II. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd. Tesis Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2019. Penelitian dalam sastra lisan lawas dilakukan untuk mengetahui pesan-pesan yang terdapat dalam lawas baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) bentuk dan jenis lawas di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat, (2) fungsi lawas pada masyarakat di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat, (3) kearifan lokal yang terkandung dalam lawas di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat, (4) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lawas di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat, dan (5) relevansi kearifan lokal dan nilai pendidikan yang terkandung dalam lawas Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kearifan lokal dan nilai-nilai pendidikan dalam lawas dilaksanakan pada tiga kecamatan dan satu sekolah yang ada di Kabupaten Sumbawa yaitu; Desa Seketeng dan Desa Pekat Kecamatan Sumbawa Besar; Desa Sebewe, Desa Poto dan Desa Songkar Kecamatan Moyo Utara; Desa Lempeh Kecamatan Labuhan Badas, dan SMA Negeri 1 Sumbawa Besar, dengan subjek berupa lawas. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan Agustus 2018 sampai bulan Januari 2019. Hasil penelitian diperoleh dengan teknik wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Lawas yang dikumpulkan dari beberapa tempat dapat mewakili daerah masing-masing, validitas data diuji menggunakan triangulasi dan review informant, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian lawas yang diperoleh di Kabupaten Sumbawa memiliki beberapa bentuk dan jenis meliputi; lawas tiga baris, lawas empat baris, dan lawas enam baris dibagi menjadi tiga meliputi; lawas basual, lawas barekal, dan lawas berantin. Jenis lawas meliputi; lawas tau ode (lawas anak-anak), lawas taruna-dadara (lawas muda-mudi) dan lawas tau loka (lawas orang tua). Kemudian fungsi lawas meliputi identitas kelompok, pengesahan kebudayaan, sarana pendidikan, hiburan, penanda waktu, mempelajari sejarah, dan dakwa. Kemudian nilai kearifan lokal dalam lawas meliputi; nilai pengabdian, nilai gotong royong, nilai saling tolong menolong, nilai kepemimpinan, nilai saling menghargai dan saling menghormati, nilai tanggung jawab, nilai kasih sayang, dan nilai tradisi/kebudayaa. Nilai pendidikan dalam lawas meliputi; nilai budaya, nilai sosial, nilai moral, dan nilai agama. Sesuai dengan tuntutan kurikulum, lawas sangat relevan dengan pembelajaran sastra di sekolah, yaitu dapat menciptakan pembelajaran berbasis sastra lisan lokal dan nilai pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Nilai Pendidikan, Lawas, Sumbawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 21:59
    Last Modified: 29 Aug 2019 21:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44146

    Actions (login required)

    View Item