UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK MELALUI METODE ESKPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH 56 GULON TAHUN AJARAN 2018/2019

Wulan, Nawang (2019) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK MELALUI METODE ESKPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH 56 GULON TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nawang Wulan. K8115039. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik melalui Metode Eskperimen pada Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah 56 Gulon Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalistik anak kelompok B1 TK Aisyiyah 56 Gulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B1 TK Aisyiyah 56 Gulon tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 14 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sumber data penelitian yaitu guru kelas dan anak kelompok B1. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan expert judgement. Teknik analisis data kuantitatif yaitu menggunakan teknik analisis data komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan kecerdasan naturalistik anak sebesar 64,28% atau sebanyak 9 anak tuntas. Siklus II tingkat ketuntasan kecerdasan naturalistik meningkat menjadi 85,71% atau sebanyak 12 anak tuntas. Peningkatan ditandai dengan keberhasilan anak dalam menyebutkan ciri benda, mengelompokkan benda berdasarkan ciri khususnya dan mengklasifikasikan benda melalui kegiatan yang dilakukan. Berdasarkan uraian di atas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan naturalistik anak kelompok B1 TK Aisyiyah 56 Gulon. Kata Kunci : Kecerdasan naturalistik, Metode eksperimen, anak kelompok B1. ABSTRACT Nawang Wulan. K8115039. Effort to Improve Naturalistic Intelligence Trough Experiment Method In Group B1 Students of TK Aisyiyah 56 Gulon Academic year 2018/2019. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, May 2019. This research aimed to improve the naturalistic intelligence of children Group B1 TK Aisyiyah 56 gulon academic year 2018/2019. This type of research was a Classroom Action Research (CAR) with qualitative and quantitative data approaches. Clasroom action researchwas conducted in two cycles consists of planned, action, observation, and reflected. Research subject was a child group B1 TK Aisyiyah 56 Gulon academic year 2018/2019 with the amount 14 childrens, consisted of 7 boys and 7 girls. Research data sources were clasroom teacher and children group B1. Data collection techniques was carried out trough observation, interviews, documentation and performance. The data validity of qualitative data used source triangulation and technic triangulation, while testing the validity quantitativedata used expert judgmenent. Quantitative data analysis techniques were data analysis techniquescomparative and qualitative data analysis used interactive models. The result of the first cycle research showed the completeness of children’s naturalistic intelligence is 64,28% or as much 9 children completed. In the second cycle the level naturalistic intelligence increases to 85,71% or as much 12 children completed. The increase was marked by the succes of the children in mentioning the characteristic of objects, grouping objects based on their particular characteristic and classifed objects through activites carried out. Based on the description above, the result of clasroom action research carried out for two cycles can be concluded that through experiment method can improve naturalistic intelligence children of group B1 TK Aisyiyah 56 Gulon. Keywords: Naturalistic Intelligence, Experiment method, Children group B1

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 16:00
    Last Modified: 29 Aug 2019 16:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44131

    Actions (login required)

    View Item