Keefektifan Flipped Classroom dan Discovery Learning Model terhadap Kemandirian Belajar di SMK Negeri 1 Surakarta

Cardina, Yindi (2019) Keefektifan Flipped Classroom dan Discovery Learning Model terhadap Kemandirian Belajar di SMK Negeri 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yindi Cardina. K7715057. KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM DAN DISCOVERY LEARNING MODEL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan kemandirian belajar akuntansi peserta didik dengan menggunakan flipped classroom model dan discovery learning di SMK Negeri 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel yang terpilih adalah kelas X AK 1 dan kelas X AK 2 masing-masing berjumlah 36 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji t). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar akuntansi peserta didik dengan menggunakan flipped classroom model dan discovery learning. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai uji Independent Sample T-test sebesar t = 5,747 (p = 0,000). Peserta didik yang dibelajarkan menggunakan flipped classroom memiliki peningkatan kemandirian belajar lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan discovery learning. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan skor rata-rata kelas flipped classroom 0,38 dan kelas discovery learning 0,17. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan flipped classroom model meningkatan kemandirian belajar lebih tinggi dari discovery learning pada pembelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta. Kata Kunci: Flipped Classroom, Discovery Learning, Kemandirian Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 15:57
    Last Modified: 29 Aug 2019 15:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44130

    Actions (login required)

    View Item