PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI KIMIA BERBASIS OPEN EDUCATIONAL RESOURCES (OER) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) SISWA DI SMAN 2 SURAKARTA

Nadi, Chici Yuliana (2019) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI KIMIA BERBASIS OPEN EDUCATIONAL RESOURCES (OER) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) SISWA DI SMAN 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (262Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Chici Yuliana Nadi. PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI KIMIA BERBASIS OPEN EDUCATIONAL RESOURCES (OER) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) SISWA DI SMAN 2 SURAKARTA. Tesis. Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2019. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran Kimia di SMA N 2 Surakarta; (2) mendeskripsikan prosedur pengembangan media Video Animasi Kimia berbasis Open Educational Resources; dan (3) menilai efektivitas penggunaan media Video Animasi Kimia berbasis Open Educational Resources untuk meningkatkan Keterampilan Generik Sains siswa. Pengembangan produk Video Animasi Kimia menggunakan desain pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip yang dimodifikasi. Desain eksperimen yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, dimana terdapat dua kelompok uji yaitu kelompok kontrol (X IPA 3) dan eksperimen (X IPA 4); dan keduanya diberikan pre-post test KGS. Analisis efektivitas peningkatan Keterampilan Generik Sains menggunakan Paired Sample t-test (uji t Sampel Berpasangan) yang sebelumnya telah memenuhi prasyarat analisis yaitu uji normalitas serta homogenitas data. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang digunakan guru saat ini kurang menarik minat siswa untuk belajar. Hal ini dapat dilihat dari ketidakfokusan siswa yang nampak pada saat observasi kelas, serta didukung dengan skor KGS yang rendah yaitu 71.417 (di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM 75). (2) Produk yang dikembangkan berupa Video Animasi Kimia dengan aspek kebaharuan berupa sifat OER yang melekat pada deskripsi video ketika diunggah ke situs YouTube; serta pengembangannya yang memperhatikan aspek KGS. Produk dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media (72.22%); serta layak menurut penilaian guru (80%) dan siswa (79%) ketika uji coba lapangan. (3) Data dinyatakan berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji prasyarat analisis. Uji efektivitas menggunakan uji t Sampel Berpasangan menghasilkan kesimpulan bahwa media pembelajaran Video Animasi Kimia yang dikembangkan mampu meningkatkan KGS siswa secara efektif pada keterampilan Bahasa Simbolik, Inferensi Logika, Logical Frame, serta Hukum Sebab-Akibat (Sig. 2-tailed <α; 0.000<0.050). Kata Kunci: video animasi, Open Educational Resources, Keterampilan Generik Sains

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 15:53
    Last Modified: 30 Aug 2019 08:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44129

    Actions (login required)

    View Item