Pengaruh Air Lindi Terhadap Kualitas Air Tanah Dangkal dan Keanekaragaman Flora di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Selopuro Ngawi

Pramaesela L.H.P., Pramaesela L.H.P. (2019) Pengaruh Air Lindi Terhadap Kualitas Air Tanah Dangkal dan Keanekaragaman Flora di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Selopuro Ngawi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1319Kb)

    Abstract

    TPA Selopuro merupakan salah satu TPA yang ada di kabupaten Ngawi. Pengolahan sampah di TPA Selopuro ini masih menggunakan metode open dumping serta pengolahan air lindi yang kurang memadai. Di sekitar TPA banyak dijumpai rumah-rumah penduduk yang kehidupan sehari-harinya memanfaatkan air tanah yang diambil dari sumur gali. Pengolahan air lindi yang kurang memadai tersebut dapat berpotensi mencemari sumur tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas air tanah dangkal di sekitar TPA Selopuro berdasarkan perhitungan model STORET, mengetahui keanekaragaman di sekitar TPA Selopuro, dan mengetahui hubungan antara keanekaragaman flora dengan kualitas air dangkal di sekitar TPA Selopuro. Penentuan status mutu air menggunakan motede STORET. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pemeriksaan laboratorium yang hasilnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah air sumur dan keanekaragaman flora di sekitar TPA Selopuro Ngawi. Cara pengambilan sampel air sumur dengan metode random sampling sedangkan untuk mengetahui keanekaragaman flora menggunakan metode analisis vegetasi dengan teknik sampling metode garis berpetak. Parameter kualitas air tanah yang diukur yaitu suhu, TSS, BOD, COD, pH, Fe, Pb, Sulfat. Analisis hubungan keanekaragaman flora dengan kualitas air tanah dihitung menggunakan nilai korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TSS, BOD, COD berada di atas standar mutu air kelas I, sedangkan suhu, pH, Fe, Pb, Sulfat berada di bawah standar mutu air kelas I berdasarkan PPRI No. 82 Tahun 2001 danPerMenKes RI No.492/Menkes/PER/IV/2010. Keanekaragaman flora di TPA Selopuro berada dalam tingkat kategori keanekaragaman sedang . Terdapat adanya hubungan antara keanekaragaman flora dan kualitas air tanah dangkal yang menunjukkan bahwa semakin baik kualitas air maka keanekaragaman flora juga semakin tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 15:18
    Last Modified: 29 Aug 2019 15:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44120

    Actions (login required)

    View Item