Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Dasar Terhadap Bencana Longsorlahan Ditinjau dari Tingkat Kerawanan Longsorlahan di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Tahun 2018

Eirene B, Mahardhika (2019) Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Dasar Terhadap Bencana Longsorlahan Ditinjau dari Tingkat Kerawanan Longsorlahan di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Tahun 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mahardhika Eirene Baptista. K5414031. KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SEKOLAH DASAR TERHADAP BENCANA LONGSORLAHAN DITINJAU DARI TINGKAT KERAWANAN LONGSORLAHAN DI KECAMATAN TAWANGMANGU, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2018. Skripsi Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Februari 2018 Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kesiapsiagaan guru, siswa dan institusi Sekolah Dasar di Kecamatan Tawangmangu terhadap bencana longsorlahan ditinjau dari tingkat kerawanan longsorlahan. (2) Mengetahui tingkat kesiapsiagaan komunitas Sekolah Dasar di Kecamatan Tawangmangu terhadap bencana longsorlahan ditinjau dari tingkat kerawanan longsorlahan. (3) Mengetahui hubungan antara tingkat kesiapsiagaan guru, siswa dan institusi Sekolah Dasar terhadap daerah tingkat kerawanan longsorlahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan metode observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan framework pengukuran kesiapsiagaan LIPI-UNESCO/ISDR 2006. Hasil penelitian ini adalah (1) a. Tujuh sekolah dasar memiliki guru dengan tingkat kesiapsiagaan tinggi dan lima sekolah dasar memiliki guru dengan tingkat kesiapsiagaan rendah. b. Tiga sekolah dasar memiliki siswa dengan tingkat kesiapsiagaan tinggi dan sembilan sekolah dasar memiliki siswa dengan tingkat kesiapsiagaan rendah. c. Lima sekolah dasar memiliki institusi sekolah dengan tingkat kesiapsiagaan tinggi dan tujuh sekolah dasar memiliki institusi sekolah dengan tingkat kesiapsiagaan rendah. (2) Dua belas sekolah dasar memiliki tingkat kesiapsiagaan komunitas sekolah dasar terhadap bencana longsorlahan dengan kategori sedang. (3) a. Tingkat kesiapsiagaan guru tidak bergantung pada tingkat kerawanan bencana longsorlahan. b. Tingkat kesiapsiagaan siswa tidak bergantung pada tingkat kerawanan bencana longsorlahan. c. Tingkat kesiapsiagaan institusi sekolah dasar tidak bergantung pada tingkat kerawanan bencana longsorlahan Kata Kunci : Longsorlahan, Kesiapsiagaan, Sekolah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 15:13
    Last Modified: 29 Aug 2019 15:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44119

    Actions (login required)

    View Item