ANALISIS PENGETAHUAN DAN PERSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KABUPATEN KARANGANYAR TERHADAP PENERIMAAN ENERGI TERBARUKAN PANAS BUMI

Wahyudi, Wahyudi (2019) ANALISIS PENGETAHUAN DAN PERSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KABUPATEN KARANGANYAR TERHADAP PENERIMAAN ENERGI TERBARUKAN PANAS BUMI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3520Kb)

    Abstract

    Penolakan pengembangan panas bumi terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Masyarakat yang kurang pengetahuan dan informasi mengakibatkan mengambil keputusan dengan mengandalkan intuisi dan pengalaman yang minim. Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menambah pengetahuan masyarakat, dimana pendidikan saat ini di rasa kurang terhadap pengetahuan tentang panas bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan persepsi siswa mengenai panas bumi, serta penerimaan mereka. Penelitian dilakukan pada siswa SMK di kabupaten Karanganyar, dan menggunakan gabungan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan kedua data dilakukan pada waktu yang bersamaan, berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan dan persepsi siswa mengenai panas bumi dalam kategori yang tinggi, namun pengetahuan tersebut masih dalam taraf pengetahuan dasar sehingga perlu informasi lebih lanjut serta keterlibatan mengenai panas bumi. Siswa atau remaja sebagai salah satu pengguna dan pengembang energi panas bumi masa depan, memerlukan pengetahuan dan keterlibatan dalam proyek energi panas bumi. Kata Kunci: Energi terbarukan, Panas Bumi, kebijakan pemerintah, Pengetahuan, Penerimaan Masyarakat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 15:06
    Last Modified: 29 Aug 2019 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44117

    Actions (login required)

    View Item