Analisis Prioritas Rehabilitasi Kerusakan Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Grompol Hilir Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Hadi, Abdul Rohman (2019) Analisis Prioritas Rehabilitasi Kerusakan Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Grompol Hilir Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3815Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Abdul Rohman Hadi, 2019, Analisis Prioritas Rehabilitasi Kerusakan Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Grompol Hilir, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Sungai merupakan jalan air alami yang mengalir menuju samudera,danau, laut atau ke sungai yang lain. Kerusakan sungai dapat menyebabkan menurunnya fungsi sungai tersebut. Kerusakan sungai yang terjadi di anak sungai pada daerah aliran sungai (DAS) Grompol Hilir menyebabkan meluapnya aliran sungai ke pemukiman warga di beberapa lokasi. Usaha untuk mengembalikan fungsi sungai berupa pemeliharaan serta rehabillitasi sungai perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak bencana yang mungkin timbul dari kerusakan tersebut. Dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah untuk pemeliharaan atau rehabilitasi maka diperlukan prioritas rehabilitasi untuk sungai yang perlu dilakukan rehabilitasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Objek studi pada penelitian adalah anak-anak sungai yang berada pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Grompol Hilir dengan enam anak sungai. Pembobotan serta perhitungan penilaian kriteria menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan program komputer Criterium Decision Plus Version 3.0. Data-data primer yang digunakan pada penelitian berupa partisipasi masyarakat yang berada di tiap-tiap objek penelitian, kondisi existing anak sungai, RAB rehabilitasi serta luas area layanan. Berdasarkan hasil analisis metode Analytical Hierarchy Process (AHP) penilaian serta tingkat kerusakan yang ada pada anak-anak sungai cukup beragam dari runtuhan dinding sungai hingga adanya sedimentasi. Hasil yang didapat dengan menggunakan program komputer Criterium Decision Plus (CDP) version 3.0 menunjukkan prioritas rehabilitasi didahulukan pada Kali Kedungjeruk dengan 17.9%. Kontribusi terbesar dari hasil penelitian ini didapat bahwa partisipasi masyarakat merupakan faktor terbesar dalam proses prioritas rehabilitasi pada anak-anak sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Grompol Hilir. Kata kunci: Kerusakan, Rehabilitasi, AHP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 14:55
    Last Modified: 30 Aug 2019 08:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44114

    Actions (login required)

    View Item