PENGARUH VARIASI UKURAN DIAMETER LUBANG MAGIC RING PADA EXHAUST MANIFOLD TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA RR TAHUN 2014

Yazid, Muh Mirwan (2019) PENGARUH VARIASI UKURAN DIAMETER LUBANG MAGIC RING PADA EXHAUST MANIFOLD TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA RR TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (71Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Mirwan Yazid. PENGARUH VARIASI UKURAN DIAMETER LUBANG MAGIC RING PADA EXHAUST MANIFOLD TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA RR TAHUN 2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli, 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menyelidiki pengaruh penggunaan magic ring terhadap torsi yang dihasilkan sepeda motor Vega RR tahun 2014, (2) menyelidiki pengaruh penggunaan magic ring terhadap daya yang dihasilkan sepeda motor Vega RR tahun 2014, (3) menyelidiki torsi dan daya yang dihasilkan dari variasi diameter dalam magic ring pada sepeda motor Vega RR tahun 2014. Penelitian ini dilakukan di Bengkel Mototech Jogja dengan alamat Jl. Ringroad Selatan, Singosaren III, Singosaren, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55193. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel sepeda motor Yamaha Vega RR tahun 2014 dengan nomor mesin 5D91958752. Teknik sampling yang digunakan adalah “Purposive sampling” dengan menguji variasi lubang diameter magic ring pada exhaust manifold. Pengujian dilakukan 5x dengan variasi magic ring 16 mm dan 18 mm untuk mendapatkan rata-rata torsi dan daya tertinggi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) Penggunaan magic ring dengan diameter dalam sebesar 16 mm dapat menghasilkan torsi sebesar 10,71 pada putaran mesin 4580 rpm, meningkat sebesar 0,74 N.m atau 7,42% dari kondisi kendaraan standar. Penggunaan magic ring dengan variasi diameter dalam sebesar 18 mm dapat menghasilkan torsi sebesaar 10,69 N.m pada putaran mesin yang sama, yaitu meningkat sebesar 0,72 N.m atau 7,12% dari kondisi kendaraan standar. (2) Penggunaan magic ring dengan diameter dalam sebesar 16 mm dapat menghasilkan daya 8,22 Hp dan hanya meningkat sebesar 0,02 Hp atau 0,24% dari kondisi standar dan tidak mempengaruhi performa dari kendaraan tersebut. Sedangkan penggunaan magic ring 18 mm mendapatkan hasil yang sama seperti keadaan standar atau sebesar 8,2 Hp. (3) Penggunaan variasi diameter dalam magic ring yang menghasilkan torsi dan daya yang maksimal adalah diameter dalam 16 mm. diameter tersebut menghasilkan torsi sebesar 10,71 N.m dan daya sebesar 8,22 Hp. Kata Kunci : Magic Ring, Torsi, Daya, Exhaust Manifold

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 14:21
    Last Modified: 29 Aug 2019 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44108

    Actions (login required)

    View Item