ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN UNTUK MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019

Pratama H.P., Gilang Habib Azky (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN UNTUK MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA N 1 Teras Boyolali dalam mengerjakan soal materi Usaha dan Energi. (2) Mendeskripsikan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA N 1 Teras Boyolali dalam mengerjakan soal materi Usaha dan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Teras semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Data utama dalam penelitian ini adalah jawaban tes tertulis siswa, sedangkan hasil kegiatan observasi dan wawancara merupakan sumber data pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam 3 teknik yaitu teknik tes, teknik observasi, dan teknik wawancara. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan yang dilakukan siswa sesuai dengan Newman Error Analysis pada materi Usaha dan Energi. Jenis kesalahan yang paling dominan yaitu kesalahan Encoding Ability yang besarnya 72.57 %. Kemudian kesalahan Process skill sebesar 67.05%, kesalahan Transformation sebesar 48.86%, kesalahan Comprehension sebesar 16.57%, kesalahan Reading sebesar 1.14%. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) jenis kesalahan yang ditemukan pada siswa yaitu kesalahan Reading, kesalahan Comprehension, kesalahan Transformation, kesalahan Process skill, dan kesalahan Encoding. (2) Kesalahan tersebut terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 14:14
    Last Modified: 29 Aug 2019 14:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44106

    Actions (login required)

    View Item