PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA

Pratiwi, Dahlia Widya (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa kelas X MIPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi Usaha dan Energi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Means Ends Analysis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Data hasil observasi, kajian dokumen, dan wawancara kerjasama siswa dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: kerjasama siswa kelas X MIPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi Usaha dan Energi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Means Ends Analysis. Persentase ketuntasan siswa berdasarkan indikator kerjasama meningkat dari 0% pada prasiklus menjadi 42% pada Siklus I menjadi 84% pada Siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: S Salsabila Fauzia
    Date Deposited: 29 Aug 2019 13:40
    Last Modified: 29 Aug 2019 13:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44105

    Actions (login required)

    View Item