PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN OIDDE BERILUSTRASI KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA SMPN PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KOTA SURAKARTA

A, NAWANG PUSPA (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN OIDDE BERILUSTRASI KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA SMPN PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KOTA SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul matematika berbasis model pembelajaran OIDDE berbantu ilustrasi komik untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa di SMP; 2) mengetahui modul yang dikembangkan lebih baik daripada buku pemerintah untuk meningkatkan higher order thinking skills. Penelitian pengembangan modul matematika ini menggunakan prosedur 4D yang terdiri 4 tahap yaitu: 1) Studi pendahuluan, 2) Pengembangan Produk, 3) Pengujian keampuhan produk, 4) diseminasi dan implementasi. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kevalidan modul berdasarkan skor kriteria dari validator, analisis kepraktisan berdasarkan dari angket respon pengguna modul, analisis keefektifan modul dilihat melalui uji t berpasangan dan analisis keampuhan modul dilihat menggunakan t-test. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Media pembelajaran berupa modul pembelajaran berbasis model pembelajaran OIDDE berilustrasi komik pada materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria valid setelah divalidasi oleh ahli materi, media dan bahasa. 2) Media pembelajaran berupa modul berbasis model pembelajaran OIDDE berilustrasi komik dikatakan praktis karena pengguna modul menilai modul melalui angket sebesar 82,37% dari peserta didik dan 84,12% dari pendidik sebagai modul yang mudah digunakan. 3) Media pembelajaran berupa modul pembelajaran berbasis model pembelajaran OIDDE berilustrasi komik pada materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria efektif. Hasil nilai HOTS peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran lebih baik daripada sebelum menggunakannya. 4) Media pembelajaran berupa modul pembelajaran berbasis model pembelajaran OIDDE berilustrasi komik pada materi persamaan garis lurus memenuhi kriteria keampuhan. Uji keampuhan membandingkan kelas kontrol dan kelas ekperimen. Hasil nilai HOTS peserta didik kelas ekperimen yang menggunakan modul lebih baik daripada peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Kata kunci: modul matematika, model pembelajaran OIDDE, komik, higher order thinking skills, HOTS

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Aug 2019 21:18
    Last Modified: 04 Aug 2019 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44100

    Actions (login required)

    View Item