ANALISIS PENGARUH KESADARAN FONOLOGI TERHADAP PENGENALAN HURUF MELALUI KARTU GAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

K., WIHARTINI AYU (2019) ANALISIS PENGARUH KESADARAN FONOLOGI TERHADAP PENGENALAN HURUF MELALUI KARTU GAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (355Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran fonologi terhadap pengenalan huruf melalui kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok A Taman Kanak-kanak pada gugus Aster. Sampel penelitian ini adalah kelompok A TK Warga yang terdiri dari 17 anak sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelompok A TK Al Islam 7 yang terdiri dari 18 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan mengenal huruf anak dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan Validitas isi yang dihitung menggunakan Corrected Item- Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s dengan bantuan SPSS 15 for windows. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test dan paired sample t test. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari kesadaran fonologi terhadap pengenalan huruf melalui kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun. Media kartu gambar dapat meningkatkan kesadaran fonologi yang dimiliki oleh anak dalam pengenalan huruf sehingga anak dapat mengenali bunyi, nama serta bentuk huruf meliputi huruf b, c, d, j, t, dan p. Hasil analisis pada data pretest kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 15,18, sedangkan pada data posttest perolehan nilai rata-rata sebesar 20,88 sehingga memperoleh peningkatan sebesar 5,7. Hasil uji independent sample t test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal tersebut didasarkan pengambilan keputusan bahwa nilai signifikan ρ < 0,05 yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh yang dalam penggunaan kartu gambar dalam meningkatkan kesadaran fonologi terhadap pengenalan huruf pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : kesadaran fonologi, pengenalan huruf anak usia 4-5 tahun, kartu gambar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Aug 2019 10:36
    Last Modified: 04 Aug 2019 10:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44090

    Actions (login required)

    View Item