Profil Kemampuan Guru Sekolah Dasar Benguet Filipina dalam Menganalisis Soal HOT (Higher Order Thinking) Materi IPA

Tiana, Rista (2019) Profil Kemampuan Guru Sekolah Dasar Benguet Filipina dalam Menganalisis Soal HOT (Higher Order Thinking) Materi IPA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (183Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan guru dalam menganalisis soal HOT (Higher Order Thinking) materi IPA. Subjek dari penelitian ini adalah 14 guru Elementary Laboratory School-Benguet State University. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method yaitu perpaduan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan 15 item soal HOT terdiri dari tiga level yaitu C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Menciptakan). Hasil dari kemampuan menganalisis soal dibedakan oleh dua kategori, yaitu: 1) kategori berdasarkan subjek dari guru, dan 2) kategori berdasarkan objek yaitu soal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan test. Teknik uji validitas data dengan uji dua pakar atau expert judgement sesuai bidang yang dikaji yaitu HOT. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu berupa penjabaran dari data-data yang telah didapatkan. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui empat tahap meliputi tahap persiapan awal, tahap pelaksanaan penelitian, tahap pengolahan data, dan tahap penyajian data Level yang dapat dianalisis oleh guru dengan persentase tertinggi yaitu 93,33%. Sementara persentase terendah mencapai 33,33%. Selain itu kategori berdasarkan objek soal pada level C4 adalah 77,51%, level C5 mencapai 58,94%, dan level C6 mencapai 67,41%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menganalisis soal HOT (Higher Order Thinking), guru ELS-BSU dapat menganalisis soal dengan benar sehingga kemampuan guru tersebut berada dalam kategori baik dalam menganalisis soal IPA. Kata kunci : HOT (Higher Order Thinking), Guru, Kemampuan Menganalisis, dan Sekolah Dasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Aug 2019 10:18
    Last Modified: 04 Aug 2019 10:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44088

    Actions (login required)

    View Item