Penerapan Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2018/2019

Fajriyati, Ana Nur (2019) Penerapan Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model AIR untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita tentang bangun ruang; (2) meningkatkan hasil belajar soal cerita tentang bangun ruang melalui penerapan model AIR; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model AIR untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD N 1 Adikarso. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 1 Adikarso tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 39 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model AIR dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: (a) penyampaian materi (auditory); (b) diskusi kelompok (intellectually); (c) penyampaian dan penyimpulan materi (auditory); (d) pengulangan (repetition); (2) penerapan model AIR dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD N 1 Adikarso tahun ajaran 2018/2019 yang diketahui dari adanya peningkatan persentase rata-rata hasil observasi guru pada siklus I sebesar 70,14%, siklus II sebesar 79,04, dan siklus III sebesar 85,72%. Peningkatan persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 66,51%, siklus II sebesar 76,81%, dan siklus III sebesar 86,24%. Persentase rata-rata siswa yang tuntas menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang pada siklus I sebesar 69,89%, siklus II sebesar 80,85%, dan siklus III sebesar 87,18%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) siswa kurang aktif berdiskusi; (b) siswa tidak mempelajari dari buku sumber; dan (c) siswa kurang aktif menanggapi. Kesimpulan; adapun solusi yang diberikan peneliti yaitu (a) guru membimbing, mengarahkan, dan memberikan motivasi kepada siswa saat berdiskusi; (b) guru mengarahkan siswa untuk mempelajari dari buku sumber dan membimbing untuk mengaitkan dengan permasalahan; dan (c) guru memberikan motivasi dan arahan kepada siswa agar aktif menanggapi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model AIR dapat meningkatkan hasil belajar tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD N 1 Adikarso tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), hasil belajar matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Aug 2019 10:12
    Last Modified: 04 Aug 2019 10:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44086

    Actions (login required)

    View Item