PENGARUH PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNARUNGU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SLB B YAAT KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019

Kurniati, Dewi (2019) PENGARUH PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNARUNGU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SLB B YAAT KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (365Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendekatan blended learning terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu sekolah menengah pertama di SLB B YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental One Group Pretest and Posttest. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah sembilan siswa tunarungu kelas VII dan VIII di SLB B YAAT Klaten. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman secara tertulis dengan bentuk tes objektif pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan bantuan software SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 24,31 dan posttest sebesar 56,25. Hasil statistik nonparametrik dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai Z_( hitung) = -2,677 dengan Asymp Sig. (2-tailed) = 0,007 lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan atau 0,007 < 0,01. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan blended learning berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu sekolah menengah pertama di SLB B YAAT Klaten tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : pengaruh, blended learning, membaca pemahaman, anak tunarungu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PZ Childrens literature
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Aug 2019 10:45
    Last Modified: 03 Aug 2019 10:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44082

    Actions (login required)

    View Item