Pembelajaran Desain Poster Melalui Komputer Grafis Pada Program Kursus Desain Grafis di Sekolah Desain Solo Tahun Ajaran 2017/2018

ANANTO, TASYA AMELIA (2019) Pembelajaran Desain Poster Melalui Komputer Grafis Pada Program Kursus Desain Grafis di Sekolah Desain Solo Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui tentang proses pembelajaran desain poster melalui komputer grafis pada program kursus desain grafis di Sekolah Desain Solo dan (2) Untuk mengetahui visualisasi karya desain poster yang dihasilkan siswa Sekolah Desain Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Bapak Sriyatmo selaku guru desain grafis, foto proses pembelajaran, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi data, trianggulasi metode, dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran desain grafis dari beberapa tahap yaitu (a) Guru menyiapkan sumber (materi) pembelajaran yaitu modul Coreldraw dan Adobe Photoshop yang dibuat oleh guru sebelum proses pembelajaran berlangsung, (b) Guru memulai proses pembelajaran dengan 3 tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, (c) Guru melakukan kegiatan evaluasi dengan memberikan penugasan dan latihan-latihan di setiap pertemuan dan akhir pertemuan. (2) Visualisasi karya desain poster yang dihasilkan siswa Sekolah Desain Solo adalah (a) Karya desain poster cukup berhasil merepresentasikan penerapan desain dari segi pembuatan ide/gagasan, elemen desain, dan teknik-tekniknya, (b) Dalam desain poster tersebut, sudah cukup berhasil dalam merancang komunikasi visual yang efektif, efisien, dan komunikatif, (c) Karya desain poster yang dihasilkan oleh siswa sudah menerapkan prinsip-prinsip desain yaitu, kesatuan, keseimbangan, proporsi, irama, dan keserasian. Simpulan menunjukan proses pembelajaran desain grafis sesuai dari lima komponen pembelajaran dan visualisasi karya desain poster yang dihasilkan siswa. Kata kunci: pembelajaran desain poster, komputer grafis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Aug 2019 10:30
    Last Modified: 03 Aug 2019 10:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44079

    Actions (login required)

    View Item