PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

Nurhayati, May (2019) PENGEMBANGAN MODUL EKSPERIMEN BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (110Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui karakteristik modul eksperimen fluida statis berbasis guided inquiry, (2) mengetahui modul eksperimen yang dikembangkan memenuhi kriteria baik atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul eksperimen yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli dan 75 mahasiswa. Mahasiswa yang terlibat yang terdiri 3 mahasiswa untuk uji coba satu-satu, 9 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan 63 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Karakteristik modul eksperimen yang dikembangkan adalah berbasis pada model pembelajaran guided inquiry, yang mendukung mahasiswa melibatkan kecerdasan intelektual dalam melakukan eksperimen karena mahasiswa dituntun untuk menentukan sendiri variabel bebas, terikat, dan variabel kontrol yang akan diuji serta langkah – langkah percobaan untuk memperoleh dan menganalisis data. Selain itu, modul eksperimen yang dikembangkan mendukung pembelajaran kontekstual. Dibuktikan dengan adanya contoh peristiwa pada masing-masing kegiatan belajar. (2)Kualitas modul eksperimen yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli pada aspek materi, tampilan media, dan bahasa menunjukkan bahwa ahli menilai modul memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan data validasi dari dua dosen ahli diperoleh skor modul sebesar 141,5 , dimana skor pada aspek materi sebesar 74, aspek tampilan media sebesar 39, dan aspek bahasa sebesar 28,5. Hasil uji coba produk modul eksperimen kepada mahasiswa pendidikan fisika berdasarkan penilaian aspek materi, tampilan media, dan bahasa menunjukkan bahwa mahasiswa menilai modul eksperimen fluida statis yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik. Prosedur pengembangan modul eksperimen ini meliputi: (a) tahap persiapan dengan menyusun materi serta penentuan model pembelajaran yang akan digunakan dalam modul, (b) tahap pembuatan masing-masing konten dan penyusunan modul (c) tahap penyelesaian pembuatan modul eksperimen berupa validasi ahli serta melakukan revisi sesuai saran serta masukan dari ahli, (d) pengujian modul eksperimen kepada mahasiswa serta melakukan revisi sesuai saran serta masukan dari penilaian mahasiswa. Kata kunci: Modul Eksperimen, Guided Inquiry, Fluida Statis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Aug 2019 10:24
    Last Modified: 03 Aug 2019 10:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44077

    Actions (login required)

    View Item