Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga

Pinastiti, Gabriella Sophia (2019) Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3094Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks eksplanasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga yang berjumlah 20 siswa dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Sumber data yang digunakan, yaitu informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik validitas yang digunakan yaitu dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap pelaksanaan terdiri dari lima tahapan sesuai dengan model problem based learning, yaitu 1) orientasi masalah, 2) mengorganisasikan siswa untuk penyelidikan, 3) membimbing penyelidikan, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil, serta 5) menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Menurut hasil analisis, minat menulis teks eksplanasi siswa pada siklus I sebesar 50% atau sebanyak 10 siswa, meningkat pada siklus II sebesar 85% atau sebanyak 17 siswa. Sedangkan keterampilan menulis teks eksplanasi menunjukkan hasil yang signifikan. Pada siklus I sebesar 65% atau sebanyak 13 siswa, meningkat pada siklus II 100% atau seluruh siswa telah berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 75.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Aug 2019 10:11
    Last Modified: 03 Aug 2019 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44073

    Actions (login required)

    View Item