RISIKO KREDIT KPR PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK KC SURAKARTA DAN HARGA PROPERTI DI SOLORAYA

AZHARI, SUNNA LAILA (2019) RISIKO KREDIT KPR PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, TBK KC SURAKARTA DAN HARGA PROPERTI DI SOLORAYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3433Kb)

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini dilatar belakangi oleh meningkatnya permintaan terhadap perumahan rakyat dari tahun ke tahun yang menyebabkan harga rumah juga semakin meneingkat setiap tahun. Meningkatnya harga rumah ini diikuti dengan tingginya risiko kredit perumahan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk KC Surakarta. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap harga properti di Soloraya dan Risiko Kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk KC Surakarta dan strategi yang diterapkan untuk menurunkan angka risiko kredit perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara harga properti dan risiko kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk KC Surakarta. (2) mengetahui strategi yang digunakan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk KC Surakarta untuk menurunkan angka non performing loan nya. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis melakukan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, yakni pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk KC Surakarta. Pengumpulan data dilakukan saat kegiatan magang berlangsung. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara pada consumer manager, staff Account OfficerKredit KPR, serta developer perumahan di Soloraya melalui wawancara tersebut penulis memperoleh data mengenai angka Non Performing Loan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk KC Surakarta selama 3 tahun terakhir. Selain itu penulis menggunakan referensi dari berbagai sumber yang relevan terhadap penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi tingginya harga perumahan dimana harga tersebut tidak berhubungan langsung dengan risiko kredit KPR PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk KC Surakarta; (2) Dalam menurunkan risiko kreditnya, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk KC Surakarta menerapkan beberapa teknik penyelamatan kredit yang berpengaruh terhadap menurunnya angka NPL pada tahun 2018.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Aug 2019 09:49
    Last Modified: 03 Aug 2019 09:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44066

    Actions (login required)

    View Item