PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SUMBER ENERGI MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA DIORAMA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019)

Widodo, Slamet Tri (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SUMBER ENERGI MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA DIORAMA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Slamet Tri Widodo. K7115165. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SUMBER ENERGI MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA DIORAMA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan menganalisis sumber energi melalui penerapan Model CTL dengan media diorama; dan (2) mendeskripsikan penerapan Model CTL dengan media diorama dapat meningkatkan kemampuan menganalisis sumber energi pada peserta didik kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 13 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi atau pengamatan, teknik wawancara, dan teknik tes. Analisis data dilaksanakan dengan (1) analisis data kualitatif yaitu menggunakan model interaktif bersumber dari Miles dan Huberman; dan (2) analisis data kuantitatif yaitu menggunakan penghitungan rata-rata pada setiap siklus dan pengelompokkan kategori kemampuan menganalisis berdasarkan penilaian acuan normatif (PAN). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Ada peningkatan nilai kemampuan menganalisis sumber energi setelah dilaksanakan pada siklus II. Pada pratindakan, tingkat ketuntasan klasikal hanya sebesar 10,7% dengan nilai rata-rata 49,1. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 46,42% dengan nilai rata-rata 64,36. Pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 82,14% dengan nilai rata-rata sebesar 77,43. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Contextual Teaching and Learning dengan media Diorama dapat meningkatkan kemampuan menganalisis sumber energi pada peserta didik kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Media Diorama, Kemamampuan Menganalisis, Sumber Energi. ABSTRACT Slamet Tri Widodo. K7115165. IMPROVING THE ABILITY OF ENERGY SOURCES BY IMPLEMENTING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODEL WITH DIORAMA (Classroom Action Research on Students of Class IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo in 2018/2019). Thesis, Surakarta: Teacher Training and Educational Faculty, Sebelas Maret University, May 2019. The aim of this research are (1) to improve the ability of energy sources by implementing CTL with diorama; and (2) to describe of implementing CTL with diorama on students of class IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo in 2018/2019. The design of this research was a Classroom Action Research (CAR) has done for two cycles and each cycle is consist of two meetings. The subject of this research were 28 students consist of 13 girls and 15 boys. The methods of data collection were documentary, observation, interview, and test. Those data were analyzed with two-ways (1) qualitative technique by using interactive model from Miles and Huberman; and (2) quantitative technique by using mean calculation in each cycle and categorization of the analytical ability based on normative referenced assessment. The result of this research showed there was an improvement mainly the ability of energy sources in second cycle. Pre-test, the classical completeness was only 10,7% and the grade point average is 49,1. First cycle, the classical completeness had improved 46,42% and the grade point average is 64,36. Second cycle, the classical completeness had significantly improved 82,14% and the grade point average is 77,43. Based on the result of this research, it can be concluded that implementing Contextual Teaching and Learning Model with Diorama can improve the ability on students of class IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo in 2018/2019. Keywords : Contextual Teaching and Learning Model, Diorama, The Ability of Energy Sources

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 27 Jul 2019 23:44
    Last Modified: 27 Jul 2019 23:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44053

    Actions (login required)

    View Item