ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER PADA MATERI GEOMETRI DI SMP ISLAM DIPONEGORO DAN SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Metikasari, Shinta (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER PADA MATERI GEOMETRI DI SMP ISLAM DIPONEGORO DAN SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (161Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kesulitan belajar matematika ABK slow learner pada materi geometri di SMP Islam Diponegoro dan SMP Modern Islamic School, 2) mendeskripsikan faktor yang memengaruhi kesulitan belajar matematika ABK slow learner pada materi geometri di SMP Islam Diponegoro dan SMP Modern Islamic School, dan 3) menentukan strategi dalam mengatasi kesulitan belajar matematika ABKslow learner pada materi geometridi SMP Islam Diponegoro dan SMP Modern Islamic School. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian dipilih melalui purposive samplingyakni dengan mengambil subjek yang terdiri atas 1 ABK slow learner dari SMP Islam Diponegoro dan 2 ABK slow learner dari SMP Modern Islamic School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesulitan belajar matematika ABK slow learner pada materi lingkaran terdiri dari 6 jenis. Verbaldyscalculia, kesulitan mengenali dan mengingat unsur-unsur lingkaran seperti busur, tali busur, apotema, tembereng, dan juring. Lexical dyscalculia, kesulitan menyebutkan nama “titik pusat” saat mendefinisikan jari-jari, kesulitan menyebutkan nama “tali busur” saat mendefinisikan tembereng, kesulitan dalam mengingat nama unsur-unsur yang membatasi “juring” dan “tembereng”. Grafis dyscalculia, kesulitan menuliskan dan memahami simbol matematika seperti “d” dan “r2”, salah dalam menyimbolkan jari-jari dengan simbol “d”, tidak memahami jika “r2” adalah bentuk dari “rxr”. Ideognostic dyscalculia, kesulitan memahami ide matematis seperti tidak mempunyai ide untuk mengubah jari-jari ke diameter atau sebaliknya, tidak memahami konsep lingkaran maupun aljabar sehingga kesulitan menyubstitusi angka ke dalam rumus, kesulitan menggunakan konsep aljabar dengan tipe soal yang diketahui keliling lingkaran dan ditanyakan jari-jari. Operational dyscalculia, kesulitan melakukan operasi bentuk aljabar dan mengoperasikan perhitungan karena ketidaktelitian. Angka yang disubstitusi tidak sesuai dengan rumus yang ditulis. Siswa kesulitan mengoperasikan perkalian bentuk aljabar, seperti kesulitan mencari jari-jari jika diketahui keliling lingkaran. Siswa sering mengalami kesalahan dalam menghitung perkalian. Practognostic dyscalculia, kesulitan dalam mengonversi dan memanipulasi ke dalam prosedur dengan benar seperti kesulitan mengkonversi jari-jari ke diameter atau sebaliknya dan kesulitan melakukan prosedur dalam pengoperasian persamaan bentuk aljabar; 2) faktor yang memengaruhi kesulitan belajar matematika ABK slow learner,yaitu: daya ingat dan konsentrasi yang lemah, kurangnya minat belajar matematika, kurangnya motivasi, adanya konflik keluarga, guru matematika dan GPK tidak memberi motivasi siswa, guru mengajar dengan metode ceramah, guru tidak menggunakan alat peraga, GPK tidak melakukan pendampingan, kurangnya sarana prasarana sekolah seperti tidak ada proyektor/LCD, media dan bahan belajar kurang, dan tidak menggunakan alat peraga; 3) strategi dalam mengatasi kesulitan belajar matematika ABKslow learner, yaitu: penggunaan alat peraga, remidial teaching, drill, pendampingan GPK, dan pemberian motivasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 27 Jul 2019 23:29
    Last Modified: 27 Jul 2019 23:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44049

    Actions (login required)

    View Item