Pengaruh Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Gerak Lurus SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 23016/2017

PUSPITASARI, DIAN AYU (2019) Pengaruh Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Gerak Lurus SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 23016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran Fisika menggunakan metode Mind Mapping (peta pikiran) lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah terhadap aspek pengetahuan siswa kelas X pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel yang terpilih adalah kelas X Imersi dan X MIA5 dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk mendapatkan data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji t satu ekor (kanan) dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Mind Mapping (peta pikiran) lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah terhadap aspek pengetahuan siswa kelas X pada materi Gerak Lurus (thitung = 1,689 >ttabel = 1,671). Kata Kunci : Mind Mapping, quasi eksperimen, aspek pengetahuan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 27 Jul 2019 00:11
    Last Modified: 27 Jul 2019 00:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44047

    Actions (login required)

    View Item