PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWODADI TAHUN AJARAN 2018/2019

P, Mauliddhina Imas (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWODADI TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mauliddhina Imas Permatasari. PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWODADI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2019. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan PAIKEM, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan PAIKEM dalam meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 26 siswa. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa hasil observasi dan wawancara tentang penerapan pendekatan PAIKEM dan data kuantitatif berupa nilai tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan PAIKEM dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut yaitu: (a) aktif, (b) inovatif, (c) kreatif, (d) efektif, (e) menyenangkan; (2) penerapan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut, hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil observasi guru, pada siklus I = 86,58%, siklus II = 89,78%, siklus III = 93,21%. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I = 86,43%, siklus II = 88,66%, dan siklus III = 92,77%. Sedangkan hasil penilaian evaluasi meningkat dengan persentase rata-rata siswa yang tuntas pada penilaian evaluasi siklus I = 88,46%, siklus II = 94,23%, dan siklus III = 96,15%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang belum percaya diri dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat, adapun solusinya adalah memotivasi siswa agar lebih percaya diri. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: pendekatan PAIKEM, matematika, pengukuran sudut ABSTRACT Mauliddhina Imas Permatasari. The Implementation of the Paikem Approach to Improve Mathematical Learning about The Measurement of Angle in Grade IV Students in SD Negeri 3 Purwodadi in Academic Year 2018/2019. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. June 2019. This study aimed to: (1) describe the implementing of the PAIKEM approach, (2) improve Mathematics learning about angular measurement, (3) describe the constraints and solutions fin applying of the PAIKEM approach to improve Mathematics learning in grade IV students in SD Negeri 3 Purwodadi in Academic Year 2018/2019. This study used a collaborative Classroom Action Research (CAR) carried out in three cycles. Each cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were grade IV students of the SD Negeri 3 Purwodadi in Academic Year 2018/2019, totalling 26 students. The data used were qualitative data in the form of observation and interviews about implementation PAIKEM approach and quantitative data in the form of the value of learning evaluation. Data collection techniques used observation, interviews, tests, and documentation. Data validity used sources and technique triangulation. Data analysis included data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study showed that: (1) the application of the PAIKEM approach in improving Mathematics learning about angular measurement is: (a) active, (b) innovative, (c) creative, (d) effective, (e) pleasant; (2) the application of the PAIKEM approach could improve Mathematics learning about angle measurement, this can be seen from the average percentage of teacher observation results, in the first cycle = 86.58%, in cycle II = 89.78%, in cycle III = 93.21 %. The average percentage of student observations in the first cycle = 86.43%, in cycle II = 88.66%, and in cycle III = 92.77%. While the evaluation evaluation results increased with the average percentage of students who completed the evaluation of the evaluation cycle I = 88.46%, cycle II = 94.23%, and cycle III = 96.15%; (3) the obstacle in this study wast there were still students who were not confident in asking questions, answering questions, and expressing opinions; the solution is to motivate students to be more confident. The conclusion of this study is the implementation of the PAIKEM approach could improve Mathematics learning about angular measurement in grade IV students in SD Negeri 3 Purwodadi in Academic Year 2018/2019. Keywords: PAIKEM approach, mathematics, angle measurement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 27 Jul 2019 00:06
    Last Modified: 27 Jul 2019 00:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44045

    Actions (login required)

    View Item