PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURE BERBASIS PERMAINAN PAPAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 2 Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019)

Wasis, Tri (2019) PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURE BERBASIS PERMAINAN PAPAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 2 Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa nglegena melalui penggunaan media Stick Figure berbasis permainan papan edukatif pada peserta didik kelas III SD Negeri 2 Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan peserta didik kelas III SD Negeri 2 Selodoko yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dan analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan perolehan hasil penelitian, terjadi peningkatan pada rata-rata aspek keterampilan menulis aksara Jawa nglegena yang meliputi empat aspek diantaranya ketepatan bentuk dan jumlah kaki, kesesuaian ukuran, kelengkapan dan nggandul garis. Peningkatan skor rata-rata keempat aspek tersebut dapat dilihat dari pratindakan dengan perolehan skor 2,09 meningkat hingga 2,48 pada tindakan siklus 1 kemudian mengalami peningkatan pula pada tindakan siklus 2 dengan perolehan skor 3,26. Perolehan rata-rata aspek berpengaruh terhadap nilai aspek keterampilan menulis aksara Jawa nglegena yang dapat dilihat berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (≥ 75) pada uji pratindakan diperoleh hasil rata-rata kelas mencapai 52,75 dengan ketuntasan klasikal yang didapatkan sebesar 16,67%. Peningkatan nilai rata-rata kelas terjadi pada siklus 1 menjadi 61,46 dengan ketuntasan klasikal yang didapatkan sebesar 54,17% kemudian meningkat pula pada siklus 2 dengan nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 81,17 dengan ketuntasan klasikal yang didapatkan sebesar 87,50%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Stick Figure berbasis permainan papan edukatif dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa nglegena pada peserta didik kelas III SD Negeri 2 Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci : media Stick Figure berbasis permainan papan edukatif, keterampilan menulis aksara Jawa nglegena, sekolah dasar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 26 Jul 2019 23:44
    Last Modified: 26 Jul 2019 23:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44036

    Actions (login required)

    View Item