PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Habibah, Ummu (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (192Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. (3) pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 107 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling sebanyak 86 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dan juga metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunaka regresi berganda dengan bantuan SPSS v.23.0. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signfikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan nilai t_(hitung )> t_(tabel ) yaitu 2,021> 1,989 pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh positif dan signfikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan t_(hitung )> t_(tabel ) yaitu 2,921 > 1,989 pada signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh positif dan signfikan fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan F_hitung> F_tabel yaitu 7,067 > 3,11 pada signifikansi 5%. Besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar sebesar 34,25%. Sumbangan relatif kemandirian belajar peserta didik sebesar 65,75%. Sumbangan efektif fasilitas belajar sebesar 5%. Sumbangan efektif kemandirian belajar sebesar 9,6%. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Kemandirian Belajar Peserta Didik, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 26 Jul 2019 23:32
    Last Modified: 26 Jul 2019 23:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44033

    Actions (login required)

    View Item