PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MEDIA KUBUS AKSARA JAWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas III SD N 3 Macanan, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2018/ 2019)

Sitaresmi, Wahyu Drajad (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MEDIA KUBUS AKSARA JAWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas III SD N 3 Macanan, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2018/ 2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Drajad Sitaresmi. K7115194. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA NGLEGENA MELALUI PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MEDIA KUBUS AKSARA JAWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 3 Macanan, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2018/ 2019). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa nglegena pada peserta didik kelas III SD Negeri 3 Macanan, Kebakkramat, Karanganyar tahun ajaran 2018/ 2019 melalui penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) berbasis media Kubus Aksara Jawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III sebanyak 20 orang dan guru kelas kelas III SD N 3 Macanan, Kebakkramat, Karanganyar tahun ajaran 2018/ 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa rata-rata skor aspek kelengkapan kalimat pada pratindakan 2,55 meningkat menjadi 3,13 pada siklus I dan menjadi 3,32 pada siklus II; aspek ukuran (kerapian tulisan) pada pratindakan 1,42 meningkat menjadi 2,55 pada siklus I dan menjadi 3,07 pada siklus II; aspek nggandhul garis pada pratindakan 1,83 meningkat menjadi 2,78 pada siklus I dan menjadi 3,79 pada siklus II; sedangkan aspek bentuk huruf pada pratindakan 2,06 meningkat menjadi 2,83 pada siklus I dan menjadi 3,24 pada siklus II. Selanjutnya diketahui nilai rata-rata kelas pada pratindakan yaitu 49,03 dengan ketuntasan klasikal 5%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat menjadi 70,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55%. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,78 dengan ketuntasan klasikal 90%. Simpulan penelitian ini yaitu penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) berbasis media Kubus Aksara Jawa dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa nglegena pada peserta didik kelas III SD N 3 Macanan, Kebakkramat, Karanganyar tahun ajaran 2018/ 2019. Kata kunci: Keterampilan menulis, aksara Jawa nglegena, Numbered Heads Together, Kubus Aksara Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 26 Jul 2019 23:27
    Last Modified: 26 Jul 2019 23:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44032

    Actions (login required)

    View Item