NARASI SELF-ESTEEM GAYATRI RAJAPATNI MELALUI PENDEKATAN PSYCHOHISTORY SEBAGAI ENRICHMENT PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI

Jamil, Robit Nurul (2019) NARASI SELF-ESTEEM GAYATRI RAJAPATNI MELALUI PENDEKATAN PSYCHOHISTORY SEBAGAI ENRICHMENT PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Robit Nurul Jamil. S861708018. 2016. Narasi Self-Esteem Gayatri Rajapatni Melalui Pendekatan Psychohistory Sebagai Enrichment Pembelajaran Sejarah di SMAN Darussholah Singojuruh. Pembimbing I: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd,. Pembimbing II: Dr. Djono. M. Pd. Progam Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pembelajaran sejarah dalam polarisasi pendidikan, konteks ketokohan jarang menyinggung soal nilai sejarah. Tujuan pembelajaran nilai dalam pendidikan seharusnya menjadi aksentuasi pembelajaran sejarah. Nilai yang di dapat dari analisis peristiwa,cerita,kisah sejarah dalam penelitian ini adalah mengenai sosok Gayatri Rajapatni perempuan dibalik kejayaan majapahit. Tujuan penelitian ini adalah :1). Menganalisis kajian historis dan Ikonografi candi Gayatri Rajapatni di Boyolangu. 2). Mendiskripsikan Narasi Self-Esteem Gayatri Rajapatni dengan pendekatan Psychohistory. 3). Mengimplementasikan nilai Self-Esteem Gayatri Rajapatni dalam bentuk enrichment pembelajaran sejarah di SMA Darussholah Singojuruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif research. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi, dan studi dokumentasi, Validasi data dilakukan dengan trianggulasi sumber, dan trianggulasi metode, Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1). Kajian historis dan ikonografi candi gayatri rajapatni memberikan sumbangan literasi pada sejarah ketokohan nusantara khususnya pada kerajaan majapahit. Nilai-nilai kejuangannya perlu di analisis guna mendapati nilai tambah dalam kehidupan. 2). Demi tujuan penelitian dan kebutuhan pendidikan guna menyelami kehidupan gayatri dibutuhkan pendekatan khusus untuk mengexplorasi nilai-nilai tokoh. Salah satu pendekatan itu adalah psychohistory (studi motivasi). Keputusan-keputusan yang di ambil tokoh Gayatri rajapatni mengandung konsep self-esteem yang dapat dijadikan pijakan dalam menata aktivitas sosial. Hal itu perlu kita ejawantahkan lebih, untuk mencari kebutuhan dalam problematik sosial masa kini sehingga pada penelitian ini nilai self-esteem yang didapat dari perantauan psychohistory gayatri akan di implementasikan kedalam pembelajaran sejarah berbentuk enrichment. 3). Implementasi nilai self-esteem Gayatri dalam pembelajaran sejarah memberikan stimulus respons kepada peserta didik guna mencari keber-artian belajar sejarah. Memberikan enrichment pembelajaran sejarah yang mampu mengatasi masalah pembelajaran sejarah di sekolah serta mennyokkong pembelajaran sejarah lainnya. Kata Kunci : Narasi Self-esteem, Gayatri Rajapatni, Psychohistory, Enrichment Pembelajaran Sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 22:05
    Last Modified: 26 Jul 2019 22:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44026

    Actions (login required)

    View Item