PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKOSISTEM BERBASIS PjBL ECO-EXPRES (ECOLOGY EXPERIMENTAL INSTRUCTION) UNTUK EKOLITERASI SISWA SMA

Faiqoh, Nurul (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKOSISTEM BERBASIS PjBL ECO-EXPRES (ECOLOGY EXPERIMENTAL INSTRUCTION) UNTUK EKOLITERASI SISWA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    Ekoliterasi adalah konsep dalam materi ekosistem antara dimensi pemahaman pengetahuan ekologi dan dimensi implementasi, yang diikuti dengan kepekaan sosial, empati dan emosional terhadap lingkungan, dalam konteks pemenuhan kriteria agenda pembangunan berkelanjutan. Ekoliterasi dibangun oleh aspek pengetahuan (knowledge), perilaku (attitude) dan perhatian (concern). Ketiga aspek menjadi indikator tingkat ekoliterasi siswa. Sejauh pengambilan data awal diketahui memiliki ekoliterasi rendah. Maka perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran digital yang mengakomodasi penanaman konsep ekoliterasi siswa, yaitu Eco-Expres (Ecology Experimental Instruction) berbasis PjBL. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik media, kelayakan media dan hasil penggunaan media Eco-Expres dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran), dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA dan X IPA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta dengan teknik sampling purposive random sampling dan cluster random sampling. Instrumen penelitian: 1) instrumen NEP (New Ecological Paradigm) untuk mengukur aspek attitude dan concern,; 2) soal tes materi ekosistem untuk mengukur aspek knowledge dan angket media. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis Miles and Huberman dan divalidasi menggunakan metode triangulasi metode dan trianggulasi teknik. Media Eco-Expres dibuat dalam bentuk mobile application menggunakan software MIT App Inventor atau Android Studio. Media dikembangkan dengan beberapa tahapan termasuk perancangan, pemvalidasian, evaluasi dan revisi untuk sampai menghasilkan produk yang layak digunakan di sekolah dalam rangka menghadirkan konsep ekoliterasi dalam pembelajaran ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik media yang merujuk pada analysis kebutuhan, yaitu memfasilitasi kebutuhan materi spesifik (ekologi), mengakomodasi kegiatan praktikum untuk sekolah dengan ruang terbuka hijau terbatas, mengoptimalkan akses internet untuk pembelajaran, dan meciptakan kegiatan belajar yang fleksibel (tidak terbatas ruang dan waktu). Media Eco-Expres dianggap layak digunakan dalam jangkauan lebih luas dengan penyempurnaan lebih lanjut. Hasil penggunaan media menunjukkan adanya perubahan pola pada konsep balance of nature dalam aspek knowledge dan attitude.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 16:25
    Last Modified: 26 Jul 2019 16:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44021

    Actions (login required)

    View Item