PENGARUH JUMLAH ELEKTRODA PENGHEMAT BAHAN BAKAR ELEKTROLISER DAN VARIASI PUTARAN MESIN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA HONDA KARISMA 125D TAHUN 2004

SULISTYA, INDRA (2011) PENGARUH JUMLAH ELEKTRODA PENGHEMAT BAHAN BAKAR ELEKTROLISER DAN VARIASI PUTARAN MESIN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA HONDA KARISMA 125D TAHUN 2004. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1230Kb)

    Abstract

    penggunaan penghemat bahan bakar elektroliser terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004. (2) Mengetahui pengaruh variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004. (3) Mengetahui pengaruh interaksi penggunaan penghemat bahan bakar elektroliser dan variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 4x3 dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004. Sampel penelitian adalah sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004 nomor mesin JB22E1147272. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapat dari pengukuran konsumsi bahan bakar sepeda motor dengan alat bantu gelas ukur kapasitas 100 ml. Data diambil dengan melakukan 3 kali replikasi, sehingga didapatkan sejumlah 36 data. Teknik analisis data pada penelitian ini mengguanakan analisis varian dua jalan, setelah itu dilakukan uji komparasi ganda atau uji pasca anava menggunakan uji scheffe, yang terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Berdasar hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan elektroliser terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004, ini ditunjukan pada hasil uji analisis data yang menyatakan FObservasi > FTabel (FObservasi = 424,215 lebih besar dari FTabel = 4,72) pada taraf signifikansi 1%. (2) Ada pengaruh signifikan variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004, ini ditunjukan pada hasil uji analisis data yang menyatakan FObservasi > FTabel (FObservasi = 2442,882 lebih besar dari FTabel = 5,61) pada taraf signifikansi 1%. (3) Ada pengaruh bersama (interaksi) yang signifikan antara penggunaan elektroliser dan variasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Karisma 125D tahun 2004, ini ditunjukan pada hasil uji analisis data yang menyatakan FObservasi > FTabel (FObservasi = 22,333 lebih besar dari FTabel = 3,67) pada taraf signifikansi 1%. (4) Konsumsi bahan bakar yang paling rendah adalah penggunaan elektroliser dengan 2 batang elektroda dan variasi putaran mesin 1500 rpm sebesar 26,3 ml.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 15 Jul 2013 16:24
    Last Modified: 15 Jul 2013 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4402

    Actions (login required)

    View Item