Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Materi Gerak Lurus Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali

Nafis, Mustofa (2019) Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Materi Gerak Lurus Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mustofa Nafis. Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa pada Aspek Kognitif Materi Gerak Lurus Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juni 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif setelah mengikuti remediasi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbereds Heads Together (NHT) materi Gerak Lurus kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Pemilihan subjek dalam penelitian ini didasarkan pada pertimbangan bahwa subjek tersebut mempunyai permasalahan-permasalahan yang telah teridentifikasi pada saat observasi awal dan dari hasil kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, teknik wawancara, teknik kajian dokumen, dan teknik tes tertulis. Data tersebut kemudian dianalisis dengan statistik diskriptif yang terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: bahwa remediasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat membantu siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017 dalam mencapai ketuntasan belajar Fisika aspek kognitif materi Gerak Lurus. Persentase ketuntasan siswa aspek kognitif meningkat dari dari tes sebelum tindakan (prasiklus) hingga tes remediasi siklus II, pada tes sebelum tindakan (prasiklus) ketuntasan belajar siswa sebesar 30,77%, kemudian pada tes remediasi siklus I meningkat menjadi 64,10%, setelah itu, pada tes remediasi siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89,74%. Target ketuntasan belajar yang dicapai pada penelitian ini adalah 70%. Kata Kunci: remediasi, Numbered Heads Together (NHT), kognitif, Gerak Lurus

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 16:08
    Last Modified: 26 Jul 2019 16:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44017

    Actions (login required)

    View Item