MEKANISME PENGENDALIAN NILAI BPHTB UNTUK TRANSAKSI JUAL BELI SEBAGAI DASAR PENGENAAN PAJAK (STUDI KASUS DI BKD KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2019)

Hardaningrum, Margareta Vania (2019) MEKANISME PENGENDALIAN NILAI BPHTB UNTUK TRANSAKSI JUAL BELI SEBAGAI DASAR PENGENAAN PAJAK (STUDI KASUS DI BKD KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas mengenai kegiatan survey lapangan yang digunakan untuk menentukan nilai pasar tanah, serta tahapan proses verifikasi dan klarifikasi yang dilakukan apabila terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai transaksi tanah yang tercantum pada dokumen dengan nilai pasar tanah. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik pembahasan. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan studi pustaka. Sumber data adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pembahasan deskriptif. Peneliti menemukan adanya beberapa temuan dalam penelitian ini, yaitu proses survey lapangan yang dinilai cukup efektif serta adanya bentuk kerjasama informal antara BKD Kabupaten Karanganyar dengan KPP Kabupaten Karanganyar untuk menekan angka kecurangan Wajib Pajak. Selain itu, belum adanya peraturan bupati yang mengatur mengenai penetapan nilai pasar tanah serta proses survey lapangan yang dirasa masih kurang efisien menjadi. Sebaiknya Pemerintah Kabupaten Karanganyar menetapkan peraturan bupati yang mengatur mengenai penetapan nilai pasar tanah, serta lebih mengefisiensikan kembali kegiatan survey lapangan. Kata Kunci: BPHTB, nilai pasar tanah, survey lapangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 15:46
    Last Modified: 26 Jul 2019 15:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44012

    Actions (login required)

    View Item