HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DAN PEMAHAMAN SEJARAH DENGAN SIKAP BELA NEGARA SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Ervanianto, Feri (2019) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DAN PEMAHAMAN SEJARAH DENGAN SIKAP BELA NEGARA SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1384Kb)

    Abstract

    Feri Ervanianto. HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DAN PEMAHAMAN SEJARAH DENGAN SIKAP BELA NEGARA SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler hizbul wathan dan sikap bela negara siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta; 2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemahaman sejarah dan sikap bela negara siswa di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta; 3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler hizbul wathan dan pemahaman sejarah secara bersama-sama dengan sikap bela negara siswa di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sampel yang digunakan peneliti sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes dan angket yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R^2 dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan positif antara keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler hizbul wathan dan sikap bela negara siswa kelas X IPS SMA SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5.019 > 1,999 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Nilai sumbangan relatif yang diperoleh sebesar 76,45% dan nilai sumbangan efektif sebesar 30,58%. 2) Terdapat hubungan positif antara pemahaman sejarah dan sikap bela negara siswa SMA SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji analisis regresi linear berganda (uji t) dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,302 > 1,999 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,025. Nilai sumbangan relatif yang diperoleh sebesar 23,46% dan nilai sumbangan efektif sebesar 9,38%. 3) Terdapat hubungan positif antara keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler hizbul wathan dan pemahaman sejarah secara bersama-sama dengan sikap bela negara siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Berdasarkan uji analisis regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 20,651 > 3,14 dengan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,400 yang berarti terdapat hubungan positif yang diberikan oleh variabel keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler hizbul wathan dan pemahaman sejarah secara bersama-sama dengan sikap bela negara siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sebesar 40%, sedangkan 60% sisanya di pengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Kata kunci: Ekstrakurikuler Hizbul wathan, Pemahaman Sejarah, Sikap Bela Negara

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 15:21
    Last Modified: 26 Jul 2019 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44008

    Actions (login required)

    View Item