PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH VOLUME BANGUN RUANG (KUBUS DAN BALOK) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik kelas V SDN Tegalrejo No.98 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)

Sholihah, Dewi Zakiyatus (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH VOLUME BANGUN RUANG (KUBUS DAN BALOK) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik kelas V SDN Tegalrejo No.98 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah volume bangun ruang (kubus dan balok) peerta didik kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta melalui penerapan model discovery learning dengan media manipulatif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obbservasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 22 peserta didik dan guru kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta tahun ajaran 2018/ 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu, triangulasi sumber, serta triangulasi teknik. Data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini dianalisis menggunakan teknik analisis statistik diskriptif dan analisis interaktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada setiap aspeknya dan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 0%, pada siklus I meningkat menjadi 5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Pada siklus II masih terdapat empat peserta didik yang belum terampil, dikarenakan peserta didik tersebut kesulitan daalam mata pelajaran matematika dan kurang teliti. Tindak lanjut yang dilakukan pada keempat peserta didik adalah akan diberikan remidial dan bimbingan oleh guru, penilaian hasil kinerja guru dan aktivitas peserta didik terjadi pningkatan selama tindakan dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dengan media manipulatif dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah volume bangun ruang (kubus dan balok) pada peserta didik kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Discovery Learning, Media Manipulatif, Keterampilan pemecahan masalah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 14:37
    Last Modified: 26 Jul 2019 14:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44003

    Actions (login required)

    View Item