PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Siwi, Cahyaning Rahayu (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (200Kb)

    Abstract

    Cahyaning Rahayu Siwi. K2315016. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran RTE (Rotating Trio Exchange) pada materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes, observasi dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Target ketercapaian secara klasikal adalah 75 %, yang berarti 75 % dari jumlah siswa X MIPA 4 mendapat nilai ≥70 (sesuai dengan KKM Negeri 8 Surakarta). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RTE dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi pokok Hukum Newton. Hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara, hasil observasi, dan hasil tes siswa yang meningkat dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, dan mencapai target ketercapaian pada siklus II. Kemampuan kognitif Fisika siswa pada Pra Siklus menunjukkan ketuntasan sebesar 32,35 % mengalami peningkatan menjadi 61,76 % pada Siklus I dan 85,29 % pada Siklus II. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan jenjang kognitif C1-C4 dari Siklus I ke Siklus II. Pada jenjang kognitif C1,C2,C3, dan C4 berturut-turut untuk Siklus I sebesar 82,35; 76,10 %; 68,63 %; 62,50 %. Presentase jenjang kognitif tersebut meningkat pada Siklus II dimana untuk jenjang kognitif C1,C2,C3, dan C4 berturut-turut sebesar 84,71 %; 82,84 %; 81,62 %; 64,12 %. Kata kunci: PTK, RTE (Rotating Trio Exchange), kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 26 Jul 2019 14:20
    Last Modified: 26 Jul 2019 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44000

    Actions (login required)

    View Item