Pengaruh Penerapan Nilai Antikorupsi dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Peer Tutor terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AKL SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019

Ghofari, Alfan (2019) Pengaruh Penerapan Nilai Antikorupsi dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Peer Tutor terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AKL SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (129Kb)

    Abstract

    Alfan Ghofari. K7715003. PENGARUH PENERAPAN NILAI ANTIKORUPSI DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI PEER TUTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kombinasi Peer Tutor dan PBL terhadap prestasi belajar akuntansi; (2) perbedaan pengaruh internalisasi nilai antikorupsi terhadap prestasi belajar akuntansi; dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan internalisasi nilai antikorupsi terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 161 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas X AKL 1 dan X AKL 2 sebanyak 42 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data nilai antikorupsi siswa, teknik tes untuk data prestasi belajar akuntansi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anava Dua Jalan dengan frekuensi sel tak sama dan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran PBL kombinasi Peer Tutor dan PBL terhadap prestasi belajar akuntansi (F_a=13,88>〖4,098=F〗_(0,05;1,38)); (2) terdapat perbedaan internalisasi nilai antikorupsi terhadap prestasi belajar akuntansi 〖(F〗_b=31,94>〖4,098=F〗_(0,05;1,38)); dan (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan internalisasi nilai antikorupsi terhadap prestasi belajar akuntansi 〖(F〗_ab=13,19>4,098=F_(0,05;1,38)). Siswa yang diberikan perlakuan model PBL kombinasi Peer Tutor terinternalisasi nilai antikorupsi memperoleh nilai rata-rata grup sebesar 82,64 memberikan prestasi belajar akuntansi lebih baik dibandingkan dengan model PBL terinternalisasi nilai antikorupsi sebesar 82,40, model PBL kombinasi Peer Tutor sebesar 77,55, dan model PBL sebesar 59,00 tanpa internalisasi nilai antikorupsi. Kata kunci: Problem Based Learning, Peer Tutor, Nilai Antikorupsi, Prestasi Belajar Akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
    Depositing User: Atmaja Rizky Gumelar
    Date Deposited: 25 Jul 2019 16:39
    Last Modified: 25 Jul 2019 16:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43987

    Actions (login required)

    View Item